METODE BELANJA HEMAT

Karna saya tak pandai berbasa-basi dalam bahasa formal yg berbelit-belit panjang kali lebar, kita pake bahasa yg sederhana saja ya, dan yg paling penting bisa di pahami dan di terima oleh khalayak ramai dan mudah2n seluruh dunia jg merestui. Kalaupun tidak paham juga, ya harap di paham2kan ya, kalau msh blm juga, maka saya tidak bertanggung jawab (becanda mulu ya, Maafkan saya)

Ok, next===lanjut

Ngomongin belanja, biasanya nih…,emak2 lah yg paling terdepan cepat tanggap soal belanja. Apalagi bulan muda….yeeiii…sangat menjiwai aktivitas satu ini. Siapa sih yg ga pernah belanja, pasti semua menyukainya, saya juga. Kalau udah nge-mall, dan ada diskon bisa kalap mata semua pengen di beli

Untunglah, sejak kuliah dulu saya udah sering memutar-mutar, membolak-balik dalam mensiasati pengeluaran belanja…karna waktu itu keuangan saya sangat terbatas hiks…dan ketika udah menikah pun saya terapkan jg

Ok, next===lanjut

BIKIN CATATAN BULANAN

Saya yakin, emak2 di seluruh dunia pasti tau ini. Dan punya caranya masing2 dalam mengatur dan mengolahnya supaya beranak pinak, eh salah…(canda)

Ya bunda, setiap terima gaji yg akan kita lakukan adalah mencatatnya

Bukan masalah besar kecilnya gaji yg di terima, walaupun gaji besar, kalau tidak diatur bakalan bikin kantong baju jebol, akhirnya muncul persepsi, inilah belum cukup…itulah belum bayar, maka catatan pengeluaran bulanan sangat di perlukan untuk memanage setiap anggaran yg keluar setiap bulannya

SIAPKAN CATATAN BELANJA

Selain mencatat bulanan rutinan, yg mana pengeluaran bulanan ada untuk belanja rutinan setiap bulannya. Sebelum belanja kebutuhan rumah tangga misalnya kita perlu mencatat apa yg hendak kita beli

Misalnya, sebelum belanja, saya tengok dulu kebutuhan rumah tangga yg mau di beli, lalu catat dan sisihkan uangnya

BUAT BELANJA TAHUNAN

Ya ini cara menghemat versi saya, bukan hanya utk belanja bulanan saja tapi juga menyisihkan uang belanja utk tahunan, yg barangnya bisa di simpan. barang2 yg dipilih pun, mempunyai masa expired nya msh panjang, misalnya seperti sabun cuci, sabun piring, myk goreng dll. tidak berlaku untuk barang olahan atau masa kadaluarsanya cepat habis. Seperti apa bunda yuk kita simak ya!

Misalnya: minyak goreng habis berapa liter dalam pemakaian setiap bulannya, anggap aja ya 2 liter/bln, maka brp yg di perlukan utk 1 tahun

Daftar belanja Bulan mei 2020

Sabun cuci
Sabun piring
Minyak goreng (tahunan utk bulanan) : 25.000x 6 bgks ( kemasan 2 ltr) = 150.000 utk setahun

Maka minyak goreng untuk bulan depan kita tak perlu membelinya lagi, begitupun untuk barang tahunan lainnya, jadi uang untuk myk goreng bisa kita belikan untuk brg tahunan lainnya, seperti sabun cuci dll.
Kalau bunda punya uang yg berlebih bisa membelinya sekaligus, namun uang yg di sisihkan pun lebih besar. Penjelasan diatas hanya berlaku untuk belanja tahunan dgn barang yg tahan lama. Sedangkan belanja bulanan yg lainnya tetap kita beli jg seperti kecap atau bumbu2 masakan dll
Untuk belanja, pilih barang yg ada diskonannya ya bunda

MEMILIH TEMPAT BELANJA

Memilih tempat belanja juga penting, kalau untuk belanja bulanan terutama kebutuhan rumah tangga saya lebih suka belanja di mall atau supermarket terdekat, karna lebih banyak menawarkan diskonan (maklum ya bun, wong saya orangnya suka diskonan, hahaha…, tp sy jg yakin kalau bunda jg begitukan…ayo ngaku). Dan kalau untuk kebutuhan dapur saya lebih memilih belanja di pasar.

MENGECEK DAN MEMBANDINGKAN HARGA

Kalau bunda pergi ke mall ataupun ke supermarket sekedar ingin beli cemilan ringan, walaupun tidak belanja bulanan usahakan untuk ngecek harga, karna disitulah kita bisa membandingkan harga di tiap2 tempat, karna ketika kita membeli barang misalnya beli myk goreng di supermarket yg ini, bisa saja beli sabun mandi di supermarket lainnya krn harganya lebih murah

MEMBELI BARANG SESUAI CATATAN

Ini nih, dulu saya juga begini. Jelong2 ngelilingi mall ga jelas, cuci mata dari hiruk pikuk rumah tangga akhirnya masuk juga ke supermarket. Liat2 clingak clinguk kesana kemari, liat diskonan. Disinilah batin iman kita di uji, hhmmm…seharusnya yg ada dalam catatan aja yg di beli, malah beli yg lain, muncul godaan ada bisikan, udah pake uang yg ni aja dulu, gampang… bulan depan baru digantiin. Gmn nih bunda.., bs ambyar nih catatan. Pernahkan bunda seperti itu???

So, yg harus dilakukan adalah Berhenti, hrs komitmen dan punya pendirian ya, kalau belanjanya udah di manage maka orangnya pun perlu di manage, tidak semauanya keinginan kita harus dituruti karna ujung2nya nanti bakal “kok saya beli ini ya” ya karna pada saat itu kita hanya tergoda saja untuk membelinya padahal kita tak terlalu membutuhkannya, dan kalaupun ingin membelinya catat aja dulu untuk bulan depan, dan kalaupun barang itu amat kita butuhkan maka buatlah catatan keperluan yg tak terduga dan sisihkan untuk keperluan tak terduga setiap bulannya, jadi tidak mengganggu uang belanja.

Demikianlah ulasan saya diatas, semoga bisa bermanfaat bagi semuanya, kalaupun msh ada yg kurang ya di tambah2kan saja tulis di komentar menurut versi masing2, apalah saya hanya manusia biasa maka dengan ini saya ucapkan terima kasih

One Response

  1. Tips Belanja tahunan nya sangat berguna. Baru tau ada trik belanja dengan cara ini. Jangan bosan berbagi ilmunya ya sis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Menarik Lainnya