PERILAKU BURUK DI JALAN RAYA

Salah satu content youtube saya adalah tentang street videography menyangkut masalah2 jalanan tapi juga bisa melihat keadaan kota tempat tinggal saya.

Bukan tanpa alasan mengapa saya jika hendak keluar terutama di jalanan saya memvideokan jalanan tersebut.

Salah satunya saya pernah mengalami kecelakaan, hingga tulang ekor saya patah, dan mengakibatkan trauma. Tidak hanya itu saja, saya sering sekali di serempet pengendara lain yg tidak tau aturan ketika bekendara.

mungkin sudah umum ya, familiar dengan istilah dashcam yg digunakan untuk pengawasan keamanan sebagai bukti rekaman.

Nah, kali ini saya membahas tentang prilaku buruk di jalan raya

Ok, next===lanjut

Jalan raya merupakan jalan penghubung utama antara suatu wilayah dengan wilayah yang lain. Jalan raya ini dilewati berbagai kendaraan dan digunakan oleh khalayak umum, siapa saja bisa memanfaatkan jalan tersebut.

Para Pengguna Jalan raya seperti pejalan kaki, pengendara, penumpang baik menggunakan kendaraan bermotor seperti mobil dan motor atau pun kendaraan tanpa motor seperti sepeda, becak, dan lain sebagainya. Mereka semua mempunyai hak yang sama sebagai pengguna jalan tersebut.

Walaupun peraturan penggunaan jalan raya sudah ditetapkan. Namun masih ada saja pengguna jalan yang melanggar peraturan lalu lintas sehingga berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan bagi dirinya dan pengguna jalan yang lain.

Adanya perilaku buruk yang terjadi di jalan raya. Pengendara yang tidak sabar membunyikan klakson ketika lampu merah masih menyala dengan maksud menyuruh pengendara lain didepannya agar segera berjalan, padahal hal itu menggangu pengendara yang ada disekitarnya dengan suara bising klaksonnya.

Lupa mematikan lampu sein setelah melewati belokan menyebabkan lampu tersebut tetap menyala sepanjang jalan, membuat bingung para pengendara yang lain. Berjalan beriringan sambil menngobrol saat mengemudi kendaraan membuat kendaraan lain yang berada dibelakangnya menjadi terhambat. Menelepon atau SMS saat mengemudi bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan dikarenakan mengganggu konsentrasi saat mengemudi.

Membuang sampah, meludah, merokok ketika berkendara contoh perilaku buruk. Selain mengotori jalan, dapat mengenai dan menyakiti para pengguna jalan lainnya.

Gaya pengemudi yg ugal2an menjadi salah satu masalah di jalan raya. Sifat selalu ingin menang sendiri, tidak mau mengalah membuat kondisi lalu lintas tersendat.

Tak jarang pengemudi selalu berkendara dgn tergesa-gesa, menyerobot jalur lain, melaju zig-zag dgn kecepatan tinggi, hingga tidak segan2 menyerempet pengendara lain. Di tambah lagi mereka sering berhenti mendadak di pinggir jalan secara tiba2, suka parkir sembarangan.

Apalagi di jalan yg sempit dan kecil menjadi biang kemacetan, melaju diatas jalan pembatas jalan. Padahal itu pembatas jalan bagi mobil yg ingin lambat dan mendahului di jalur lambat, pelan di jalur cepat, entah itu tidak paham atau lagi ngantuk ya.

Dengan kondisi jalan raya yg seperti itu membuat suasana hati kita jadi ikut geram ya, melihat pengendara jalanan yg sesuka hati tanpa memperhatikan keselamatan dan kenyamanan bagi dirinya, juga pengguna jalan lainnya

Nah, itulah sebagian contoh tentang prilaku buruk yg terjadi di jalan raya, kondisi tersebut menuntut kita untuk selalu waspada dan berhati- hati saat di jalan raya. Maka dari itu waspadalah-waspadalah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Menarik Lainnya