MENGAJARI BALITA 9 BULAN??? BEGINI CARANYA, MOM!!!

Anak mom usia 9 bulan?

Apa yang terjadi di usia ini, melihat perkembangan pertumbuhan bayi usia 9 bulan dari kemampuan dan keterampilan motoriknya meningkat ya mom? Sudah bisa duduk, merangkak, dan mulai belajar berdiri. Bergerak dengan luwes mengambil meraih benda-benda yang ada di hadapannya, memegang memindahkan mainan dari tangan satu ke tangan lainnya, bahkan sudah bisa makan sendiri dan memasukkan apa saja kedalam mulutnya, mengoceh sesukanya yang kita sendiri tidak mengerti akan ocehannya.

Pada fase ini pula bayi usia 9 bulan sudah bisa merespon apa yang kita katakan, seperti pada saat kita memanggil namanya dia akan menoleh pada orang yang memanggilnya, dan mulai memahami apa yang kita larang walaupun hanya melalui tindakan.

Apakah di usia ini sudah bisa diterapkan peraturan? Tentu jawabannya bisa ya mom, asal ada tujuan yang baik dan mengajari yang baik, secara yang diajarkan tentunya peraturan yang sederhana mom.

Apa saja yuk ikuti mom!

SAAT MEMBERINYA MAKANAN

Hmmm… kelihatannya jadi kayak ribet amat ya mom, cuma ngasih makan doank. Kalau ngasih-ngasih aja ke anaknya, mau ambilnya tangan kanan kek atau kiri kek, no problem toh si balita masih belum ngerti juga. Yaa begitulah kira-kira asal kasih aja.

Alangkah baiknya mom, di saat kita memberinya makanan seperti kue yang dia suka, selalu arahkan ke tangan kanannya biar si balita terbiasa mengambil makanan pake tangan kanan

MENGAMBIL MAKANAN BERLEBIHAN

Kebanyakan balita bila sudah mengambil makanan entah itu diatas meja atau yang tersedia di dalam piring, ngambilnya engga cuma satu, maunya banyak sampai tangan dua-duanya penuh. Atau yang satu belum habis dimakan, ambil lagi yang lain. Jadi kesannya serakah ya mom.

Sebaiknya tindakan apa nih mom? Jangan dibiarkan tindakannya itu, tapi justru harus dibetulkan melalui tindakan-tindakan dengan memberinya satu saja dulu habis selesai dimakan, baru kemudian memberinya lagi.

MEREBUT MAKANAN

Ketika makan bersama nih mom, saat kita lagi makan tiba-tiba si balita ingin meraih apa yang kita makan, tidak segan-segan balita dengan sigap merampas makanan kita tanpa ekspresi dengan wajah datarnya dan suara yang nadanya engga jelas, kita pun engga ngerti entah dia lagi meminta atau memelas supaya diberi. Padahal makanan itu untuk wong tuo wae.

Nah, apa yang harus dilakukan mom? Yaitu kita bisa katakan makanan itu bukan untuknya sambil memberinya makanan yang dia punya sendiri. Bagaimana simpelkan mom?

MEREBUT MAINAN

Yang ini hampir sama dengan kejadian yang diatas ya mom, bedanya si balita jika main bersama dengan saudaranya sang kakak, suka berebut mainan. Apalagi sang kakak yang sering mengalah ya

Ini bagaimana mom? Dengan memberinya mainan yang lain mom, apabila si kakak lagi main juga. Tidak melulu sang kakak yang harus selalu mengalah ketika si debay ikut main, dengan begini kedua-duanya ada saling empati juga kan mom.

Sebagai orang tua mengasuh bayi usia di bawah 1 tahun mempunyai pola asuh dan gaya tersendiri di tiap anak-anaknya itu sendiri.

Membedakan mana yang baik dan benar dari hal-hal yang tidak baik, namun yang sering terjadi di diri kita ialah justru dengan membiarkannya, karena kita beranggapan bahwa balita belum mengerti apa-apa dan alasan lain karena belum bisa diajak bicara.

Mengajari balita tentu butuh tantangan ya mom, yang jelas kerapkali si balita berontak dan menangis apabila keinginannya tidak segera di penuhi. Dan tujuan kita adalah agar anak-anak tumbuh menjadi anak yang baik, sehat, dan cerdas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Menarik Lainnya

PERILAKU BURUK DI JALAN RAYA

Salah satu content youtube saya adalah tentang street videography menyangkut masalah2 jalanan tapi juga bisa melihat keadaan kota tempat tinggal saya. Bukan

Read More »