LET’S READ: MEMPERKENALKAN BAHASA IBU DENGAN MEMBACA NYARING

Memperkenalkan Bahasa Ibu Dengan Membaca Nyaring – Hai Moms! Kembali lagi pada artikel parenting yang membahas mengenai tips-tips jitu dalam dunia parenting dan nurturing. Kali ini artikel parenting akan membahas mengenai salah satu metode bagi para orang tua yang ingin mengajarkan bahasa ibu kepada anak-anak mereka dengan cara yang paling tepat dan efisien. Pada artikel kali ini akan diperkenalkan sebuah metode yang disebut dengan ‘Membaca Nyaring’. Ingin tahu lebih lanjut, yuk simak artikel berikut ini dengan judul: Memperkenalkan Bahasa Ibu Dengan Membaca Nyaring.

Untuk membahas cara Memperkenalkan Bahasa Ibu Dengan Membaca Nyaring, ada baiknya kita sedikit membicarakan mengenai bahasa ibu terlebih dahulu, nih. Bahasa ibu atau bahasa pertama, yang mana di dalam Bahasa Inggris juga biasa dikenal dengan istilah mother tongue-native/first language, adalah bahasa yang pertama kali terpaparkan pada seorang anak baik semenjak mereka lahir maupun periode-periode kritis lainnya.

Karena bahasa ini didapatkan melalui interaksi dengan orang-orang di sekitar, bahasa ibu umumnya merupakan bahasa yang paling umum digunakan, khususnya oleh orang tua dari anak tersebut. Banyak ahli berpendapat bahwa peran bahasa ibu sangat lah penting terhadap perkembangan pendidikan seorang anak.

Nah, melihat betapa pentingnya bahasa ibu bagi perkembangan sang buah hati, tentu Moms sekalian perlu memberikan perhatian lebih dalam memperkenalkan bahasa ibu tersebut. Karena faktanya, para orang tua kebanyakan masih menganggap enteng perkembangan kemampuan bahasa si kecil. Kesalahan pada pola asuh seperti ini juga berpotensi dalam menimbulkan adanya kelainan berujar (speech impediment) seperti telat berbicara atau bahkan gangguan berbicara (speech sound disorder).

Yak, salah satu metode yang dapat digunakan dalam Memperkenalkan Bahasa Ibu Dengan Membaca Nyaring. Teknik membaca yang dikenal dengan istilah ‘Membaca Nyaring’, atau ‘Read Aloud’ dalam Bahasa Inggris, merupakan cara pengucapan suatu tulisan (membaca) dengan menyuarakannya sehingga dapat terdengar sesuai dengan pelafalan yang tepat. Teknik ini telah terbukti secara ilmiah, dapat memberikan banyak manfaat, lho! Ada berbagai penelitian yang berhasil membuktikan bahwa metode ini memberikan dampak positif bagi perkembangan berpikir si kecil.

Dalam konteks komunikasi, cara ini dilakukan agar orang di sekitar/yang mendengarkan dapat menangkap informasi serta makna dari suatu bacaan secara tepat dan utuh. Namun apabila dilakukan dalam konteks personal, teknik ini dimaksudkan untuk meningkatkan derajat pemahaman dan keefektifan aktivitas membaca sebagai salah satu bentuk ‘komunikasi intrapersonal’ (intrapersonal communication). Hal inilah yang dapat dimanfaatkan bagi perkembangan anak.

Cara yang paling mudah adalah dengan membiasakan membaca buku cerita atau dongeng sebelum tidur. Kebiasaan yang dulu sangat mudah dijumpai ini, lama kelamaan mulai menghilang – tenggelam oleh derasnya perkembangan teknologi. Meski banyak orang menganggap bahwa aktivitas ini sepele dan tidak terlalu signifikan, faktanya quality time tersebut bisa mempererat hubungan (bonding) antar orang tua dan anak, tetapi juga memberikan dampak positif pada perkembangan kognisi buah hati. Karena itu, pastikan para Moms yaa.. agar dapat menyisihkan waktunya untuk sekedar membacakan buku sebelum tidur ya!

Inilah pembahasan artikel mengenai Memperkenalkan Bahasa Ibu Dengan Membaca Nyaring. Dengan membiasakan si kecil pada aktivitas-aktivitas tersebut, tentunya akan membantu proses tumbuh kembang anak kita. Pastikan agar anak-anak mendapatkan semua kebutuhan sesuai yang diperlukannya dan juga selalu mengawasi perkembangannya ya Moms! Jangan lupa comment dan share jika Moms merasa artikel ini bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel parenting selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Menarik Lainnya